Manusia pada dasarnya mempunyai karakter yang berbeda-beda dengan manusia lainnya. karakter inilah yang membuat manusia mempunyai kepribadian unik dan menarik. Di dalam dunia psikologi, banyak membahas tentang bermacam-macam karakter seseorang. Banyak juga terdapat teori-teori yang membahas tentang beberapa kepribadian dan karakter manusia. Teori yang terkenal saat ini adalah teori Karl Jung yang membahas tentang 16 kepribadian manusia. Teori Karl Jung ini memang sangat terkenal dikalangan masyarakat. Akan tetapi sebelum teori Karl Jung ini berkembang, jauh sebelum lahirnya teori tersebut ada teori yang sudah lahir dan dipercaya kalangan masyarakat pada zaman dahulu . Teori tersebut bernama teori empat karakter manusia. Teori ini dikemukakan oleh Hipocrates yang lahir 460-370 Sebelum Masehi. Sama halnya dengan namanya, Teori ini digolongkan menjadi 4 karakter dasar yang meliputi Plegmatis, Melankolis, Sanguinis, Koleris.

4 Karakter Manusia

Nah, di bawah ini akan diulas beberapa penjabaran terkait dengan keempat karakter menurut Hipocrates. Termasuk yang manakah kepribadian anda? Yuk Simak!

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/


Plegmatis

Plegmatis ini sering disebut sebagai seseorang yang mencintai kedamaian. Seseorang berkepribadian plegmatis cenderung jarang marah. Oleh sebab itu, plegmatis paling disukai banyak orang. Plegmatis juga termasuk seseorang yang mudah diatur alias penurut, mudah mengalah, memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi, dan yang paling penting orang dengan berkepribadian plegmatis adalah orang yang tidak menyukai konflik. Tipe Seseorang dengan kepribadian plegmatis apabila memilik suatu masalah, maka mereka akan mencari jalan keluar dengan cara yang damai dan dan diselesaikan dengan tenang. Mereka juga mampu bersabar dalam hal apapun. Jadi, berbahagialah anda jika memiliki pasangan seseorang tipe plagmatis. Sebab, akan ada banyak cinta yang selalu dihadirkannya.
Namun, ada beberapa kelemahan yang terlekat pada orang plagmatis. Seperti halnya bersifat pendiam ketika berada di ruang lingkup sosial. Mereka cenderung pendiam, karena terlalu fokus pada aktivitas dalam dirinya. Orang tipe plegmatis ini cenderung lebih fokus apa yang ada pada dirinya saja. Sehingga ia sangat jarang mencampuri urusan diluar urusannya. Cenderung dibilang egois, acuh tak acuh dan pemalas. Sifat buruk lainnya adalah penakut dan suka panik. Orang berkepribadian plegmatis juga sangat menghindari konflik dan tanggung jawab.
Nah, itulah beberapa ulasan tentang kepribadian plegmatis. Apakah anda termasuk seseorang berkepribadian plegmatis? Untuk anda yang memiliki kepribadian ini, mungkin pekerjaan yang cocok untuk anda adalah pekerjaan yang ruang lingkup masyarakatnya luas. Seperti halnya sebagai pengajar atau guru. Anda akan belajar lebih bersosialisasi tinggi dan peduli sesama untuk menghindari sikap egois yang dimiliki. Selain pengajar, pekerjaan perawat juga sangat cocok untuk kepribadian plegmatis karena seorang perawat memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Melankolis

Melankolis adalah kepribadian yang dikenal sempurna. Sosok seperti melankolis ini tergolong seseorang pekerja teratur. Ia selalu berpenampilan rapi dan ingin tampil sempurna. Ketika dalam urusan pekerjaan, ia selalu bekerja dengan tekun dan fokus secara mendetail. Perfectionist dan idealis adalah julukan lain darinya. Ia juga diibaratkan seseorang yang cukup kreatif karena memiliki sifat dapat berpiki dari banyaknya sudut pandang yag berbeda. Melankolis ini cocok untuk dijadikan ketua atau pimpinan karena sifat dasarnya adalah seorang penggerak yang tangguh. Ia mampu memikirkan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Orang berkepribadian melankolis selalu berorintasikan jadwal. Jadi, ia tidak sembarangan dalam melakukan sesuatu tanpa memikirkan terlebih dahulu. Selain itu, orang berkepribadian melankolis juga memiliki rasa empati yang tinggi serta mampu menjadi seorang pendengar yang baik.
Nah, selain banyaknya kelebihan yang dimiliki orang berkepribadian melankolis. Ternyata, terdapat beberapa kekurangan yang wajib anda ketahui jika anda seorang yang memiliki kepribadian melankolis. Jika seorang yang berkepribadian memiliki harapan yang terkadang tidak teratur sesuai rencana, maka ia akan cenderung murung dan sedih sepanjang hari. Sebab, seorang yang berkepribadian melankolis sangat mudah tersentuh perasaannya. Selain itu, kelemahan yang dimilikinya adalah sulit untuk bersosialisasi. Mereka lebih nyaman menjadi seorang pendiam dari pada harus bersosialisasi dengan banyak orang. Sedangkan kelemahan yang sulit dihilangkan melankolis adalah terlalu berpikir teoritis dan memiliki banyak rencana.

Sanguinis

Sanguinis sering disebut sebagai kepribadian super star, sebab ia cenderung ingin sekali disenangi oleh orang banyak. Orang-orang dengan karakter sanguinis ini, memiliki kepribadian yang selalu optimis. Hidupnya penuh dengan warna. Sehingga ia sangat senang berbicara tanpa harus ada orang yang menghentikannya. Namun, emosionalnya terkadang sulit untuk ditebak. Terkadang jika ia merasa sangat gembira pada saat ini, kemungkinan beberapa jam yang akan datang dia juga akan sangat merasa sedih. Ia juga memiliki kebiasaan pelupa dan sulit untuk berkonsentrasi tinggi dalam mengerjakan sesuatu. sama seperti plegmatis, seorang sanguinis juga memiliki kepribadian yang cenderung egois. Sifat buruknya lebih banyak bicara dari pada bekerja. Terkadang sering ikut campur urusan orang lain. Ia juga cenderung membesar-besarkan masalah dan pendengar yang buruk. Tak jarang, banyak yang mengatakan kepribadian sanguinis ini tidak memiliki pendirian karena dianggap mudah ikut-ikutan dan sering terpengaruh keadaan.
Akan tetapi, kepribadian sanguinis ini adalah pembicara yang hebat. Ia mampu menguasai ilmu retoric dalam sesaat. Ia juga termasuk orang yang mudah memaafkan dan tidak menyimpan dendam. Kepribadian sanguinis cenderung sangat cekatan dalam mengambil inisiatif. Mereka juga mempunyai sifat optimis yang tinggi. Serta banyak menginspirasi orang yang ada disekitarnya dengan banyaknya kelebihan yang mereka miliki. Nah jika anda termasuk orang yang berkepribadian sanguinis, sebaiknya hindari sikap buruk yang merugikan orang lain. Jadilah pribadi yang dapat membuat orang lain nyaman berada di samping anda.

Koleris

Kepribadian koleris sering dianggap sebagai seseorang yang kuat. Hal yang paling menonjol dari kepribadian koleris adalah mempunyai jiwa pemimpin yang kuat. Mereka cenderung menyukai tantangan dan akan menyelesaikan tantangan dengan cara yang menurut mereka yang terbaik. Dengan mengandalkan pertimbangan logika yang matang, ia suka memerintah orang lain dan memiliki jiwa yang tegas. Karena jiwa kepemimpinannya yang kuat, maka ia dikategorikan sebagai seseorang yang berani, mempunyai strategi, dinamis, dan aktif. Ia juga dianggap dapat berkomunikasi baik dengan mitra tuturnya. Banyak visi dan misi kedepan yang dirancang olehnya. Serta mampu mandiri dan rasional dalam keadaan darurat sekalipun.
Kepribadian koleris juga banyak memiliki kekurangan yang harus dihindari agar tidak merugikan orang disekitarnya. Ia cenderung memiliki sikap empati yang sangat minim. Disamping itu ia juga suka memanipulasi dan menuntut orang lain. Sifat buruk yang masih melekat dan sulit dihilangkan adalah sulit mengakui kesalahan dan meminta maaf. Terkadang kepribadian koleris juga terlalu kaku dan ceroboh. Selain itu, ia juga mudah panik dan selalu menggampangkan segala urusan tanpa dipikir terlebih dahulu dampak buruk yang akan terjadi nantinya.
Nah, jika anda memiliki kepribadian koleris, anda harus lebih bijak dan memperbaiki kelemahan yang ada pada diri anda. Anda adalah calon seorang pemimpin. Adakalanya, anda harus lebih bijak dan menata emosional anda agar sikap buruk anda tidak muncul ketika bersosialisasi dengan banyak orang. Sebab, jika sikap buruk tersebut tiba-tiba muncul ketika permasalahan terjadi, maka masalah tersebut tidak akan terselesaikan dengan baik dan akan berbuah kehancuran. So, lebih berhati-hatilah dalam menyikapi sebuah permasalahan yang melibatkan sikap buruk.
Nah, itulah beberapa ulasan perbedaan antara keempat teori kepribadian yang dikemukakan oleh Hipocrates. Memang begitulah manusia, selalu memiliki sifat yang beragam bentuknya. Adakalanya kepribadian tersebut memiliki banyak kelebihan namun adakalanya kepribadian tersebut juga memiliki banyak kekurangan yang harus dikendalikan agar tidak merugikan orang lain. Oleh karena itu, diantara keempat kepribadian tersebut tidak ada yang paling baik atau paling buruk. Semua kepribadian tersebut sama dan saling melengkapi satu sama lain.
Anda pasti akan berpikir, jika nantinya bertemu dengan seseorang yang memiliki kepribadian yang berlawanan nantinya akan sulit untuk saling beradaptasi dan bersosialisasi di masyarakat. Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Jika nantinya bertemu dengan seseorang yang mungkin menurut anda bertentangan sikapnya dengan anda. Di bawah ini, terdapat beberapa ulasan cara dan sikap dalam menghadapi seseorang yang sikapnya bertentangan dengan sikap anda untuk menghindari konflik.

Berikut ulasan tentang cara menghadapi seseorang yang bertentangan sifat dengan anda:

  • Ubah kebiasaan diri

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah kebiasaan diri.  Mengubah kebiasaan diri ini sangat penting dilakukan untuk menghindari konflik dengan mitra tutur ketika berbicara. Pastinya kita juga memiliki kepribadian yang buruk juga. Sebelum anda berhadapan dengan lawan bicara, sebaiknya anda harus mengkondisikan emosional anda agar emosi buruk tidak keluar dari diri anda. Jika lawan bicara anda mengeluarkan sikap buruknya kepada anda, bersikaplah lebih dewasa dan jangan sekali-sekali anda juga mengeluarkan sikap buruk anda karena terpancing emosi. Hal ini, dapat membuat konflik tidak akan meredup karena satu sama lain masih mengandalkan ego masing-masing. Beradaptasilah dengan cara yang benar tanpa harus merugikan orang lain. Kunci utama adalah mulai sekarang selalu ubah kebiasaan anda sebelum anda beradaptasi di lingkungan sosial.

  • Jangan terpancing emosi

Terkadang jika kita berhadapan dengan seseorang koleris yang mengeluarkan sikap buruknya, kita tidak akan tahan dan ingin meluapkan amarah yang ada dalam diri kita. Namun anda lebih bijak lagi dalam memikirkan hal tersebut, seorang koleris adalah seorang dengan kepribadian yang memiliki jiwa kepemimpinan. Jika salah satu sikap buruk mereka muncul secara tiba-tiba, hal yang harus anda lakukan adalah selalu bersikap tenang dan tidak terpancing emosi. Biarkan amarahnya meredup, baru anda dapat menyelesaikan masalah. Karena kepribadian koleris jika amarahnya memuncak mereka tidak akan dapat berpikir dengan baik. Anda sebagai mitra tuturnya, harus mampu bersikap bijak dalam mengendalikan emosi yang ada dalam diri masing-masing.

  • Selalu menjadi pendengar yang baik

Sikap buruk sanguinis adalah seorang yang rapuh. Terkadang mereka bersifat seakan-akan mereka gembira namun beberapa jam kemudian akan bersikap murung dan sangat menyedihkan. Untuk itu, anda harus mampu membangun jiwa sosial yang tinggi dengan cara menjadi pendengar yang baik bagi sanguinis ataupun kepribadian lainnya. Karena dengan menjadi pendengar yang baik, otomatis mereka juga akan menjadi pendengar yang baik untuk anda juga. Selalu bersikap terbuka dengan mitra tutur. Jika menasehati, gunakanlah kalimat yang tidak menyakiti hati mereka. Agar mereka nyaman bersosialisasi dengan anda.

  • Ajaklah melankolis bersosialisasi dengan baik

Salah satu sifat buruk melankolis adalah tidak dapat bersosialisasi dengan baik. Maka, hal yang wajib anda lakukan adalah mengajak melankolis mampu bersosialisasi dengan baik dan benar. Hal ini untuk menghindari konflik dalam beradaptasi. Jangan pernah mencela seorang melankolis atau kepribadian lainnya. Nasehatilah kekurangannya dengan cara yang baik. Anda juga dapat mengajari seorang melankolis bersosialisasi dengan lebih terbuka ketika bertemu banyak orang dalam lingkup masyarakat yang luas. Dengan begitu, anda tidak akan terhindar dari konflik dengan sesama.

  • Selalu terbuka dengan seorang plegmatis

Cara yang kelima ini, dapat anda praktekkan dengan seorang yang berkepribadian plegmatis. Seorang plegmatis cenderung pendiam dan tertutup. Ia hanya tertarik dengan urusan pribadi mereka. Bahkan, ia tergolong seseorang yang tidak mau mencampuri urusan orang lain. Ia juga mudah tertutup. Jika anda bertemu dengan seorang plegmatis, jangan pernah mencela akan sikap buruk yang dimilikinya. Termasuk sikap buruk mencela karena ia tergolong egois dan pendiam. Sebaiknya, ajaklah berbicara dan berbincang-bincang tentang hal apapun itu yang membuat seorang plegmatis dapat nyaman berbicara dengan anda.
Jika seorang plegmatis nyaman dengan seseorang, maka ia akan tertarik untuk lebih bersikap terbuka dengan orang lain. Seorang plegmatis akan mampu berbicara banyak jika lawan bicara nyaman untuk diajak komunikasi. Anda hanya perlu menjadi pendengar agar seorang plegmatis nyaman dengan kehadiran anda. Dengan begitu, konflik tidak akan muncul karena anda mampu mengatasinya dengan cara yang bijak. Kebiasaan buruk lama kelamaan akan menghilang jika anda mampu membiasakan bersikap bijak dalam menentukan hal apapun.

  • Menjaga ucapan dengan lawan bicara sanguinis

Sanguinis cenderung memiliki sifat yang suka membesar-besarkan masalah dan pendengar yang buruk. Untuk menghindari konflik, anda perlu menjadi pendengar yang baik. Jangan sekali-kali mencoba berbicara yang menyakiti hati seorang sanguinis. Ini akan mengakibatkan konflik terjadi karena sanguinis adalah seorang yang membesar-besarkan masalah. Bersikaplah selalu ramah dengan sanguinis. Dengan begitu, mereka tidak akan membesar-besarkan masalah jika terjadi sesuatu. Sebab, kepribadian ramah dapat menyihir seseorang yang terlihat kaku, menjadi mampu melunak dalam bersosialisasi di lingkup masyarakat.
Nah, itulah ulasan strategi dan cara untuk anda jadikan referensi tambahan jika anda berhadapan dengan lawan bicara anda yang memiliki kepribadian bertentangan. Selalu susun cara dan strategi terlebih dahulu jika anda akan berhadapan dengan mereka. Jangan bersikap gegabah agar tidak melukai hati mitra tutur anda. Jangan menilai seseorang dari sifat buruknya saja. Adakalanya anda juga mampu menjadi wadah bagi mereka merubah sisi buruknya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jadilah penutur yang baik agar mitra tutur anda dapat nyaman bersosialisasi dengan anda di lingkungan masyarakat yang luas.
Dengan adanya ulasan tentang perbedaan keempat sikap kepribadian dan cara untuk menghadapi lawan bicara anda, anda dapat menjadikan sebuah pengetahuan lebih. Anda tidak perlu lagi bingung menyikapi seseorang yang memiliki sikap yang berlawanan dengan anda. So, jadilah pribadi yang lebih baik untuk menutupi kekurangan yang anda miliki. Jadilah seseorang yang bijak untuk menjadi wadah orang lain dalam menutupi masalah mereka.

Daftar gratis di Olymp Trade: