Liburan merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu tidak hanya oleh para pelajar, tetapi juga bagi para pekerja kantoran. Jika pelajar ataupun mahasiswa memiliki waktu liburan yang panjang, maka berbeda dengan pegawai atau pekerja kantoran yang hanya memiliki masa libur pada hari sabtu dan minggu atau tanggal merah saja. Meskipun demikian para pegawai dan pekerja kantoran sudah memiliki penghasilan, sehingga ketika waktu libur panjang datang mereka bisa pergi kemanapun tanpa bingung mendapatkan uang.

Liburan Hemat

Berbeda dengan para pelajar dan mahasiswa yang sebagian besar masih mendapat sumbangan dari orang tua, sehingga terkadang ketika waktu libur panjang datang banyak dari mereka yang malah tidak mendapat uang jajan. Walaupun demikian, bagi anda mahasiswa atau pelajar pasti tidak akan kehabisan akal untuk melakukan perjalanan. Begitupun dengan para karyawan, yang meskipun memiliki penghasilan namun banyak juga yang ingin menekan pengeluaran. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa melakukan perjalanan liburan murah meriah. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah moda transportasi yang digunakan.

Sumber: http://www.tripjalanjalan.com/

Sumber: http://www.tripjalanjalan.com/


Misalnya, anda bisa gunakan kapal laut dari pada naik pesawat, atau bisa menggunakan kereta dari pada bis. Hal-hal tersebut bisa mengurangi biaya yang akan anda keluarkan. Anda pasti percaya jika tiket kapal laut jauh lebih murah dari pada pesawat. Lalu bagaimana bisa tiket kereta api lebih murah dari pada bis? Jawabannya tentu bisa. Berikut adalah beberapa alasan mengapa liburan menggunakan kereta api jauh lebih hemat.

1. Tiket Murah

Meriah Siapa bilang tiket kereta api semuanya mahal? Kereta api memiliki banyak pilihan kelas mulai dari ekonomi hingga eksekutif dengan harga yang bervariasi. Anda bisa menggunakan berbagai jenis pilihan tersebut sesuai dengan keuangan. Jika ingin menghemat tentunya anda harus memilih kereta dari kelas ekonomi yang jauh lebih murah. Meskipun harganya murah, namun jangan salah, fasilitas yang disediakan pun tak kalah nyaman dengan kereta eksekutif.

2. Harga Tiket Paling Stabil

Berbeda dengan moda transportasi seperti bis, pesawat, atau kapal laut yang harganya berubah-ubah, dan bahkan akan lebih mahal ketika waktu libur panjang, tiket kereta api menawarkan harga yang sangat stabil. PT kereta api tidak akan menaikkan harga tiket pada hari-hari tersebut atau sewaktu-waktu, sebab semua harga tiket sudah ditetukan dari awal. Jika pun ada kenaikan harga tiket, PT kereta api biasanya sudah memberikan pengumuman terlebih dahulu. Kenaikan tersebut diakibatkan oleh beberapa tambahan biaya operasional, dan tidak terpengaruh dengan masa libur panjang atau yang lainnya. Bahkan, pada masa libur panjang atau lebaran PT kereta api malah akan memberikan potongan harga yang hingga 50%.

3. Sangat Nyaman Dan Tidak Capek

Jika ingin mengehemat energi dan merasa nyaman, kereta api bisa jadi pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Alasannya terletak pada penataan tempat duduk penumpang. Jarak antar kursi penumpang sangat longgar, sehingga membebaskanmu untuk duduk. Selain itu, selama naik kereta api kamu tidak akan merasakan guncangan seperti naik bis dan pesawat, ataupun merasakan gelombang tinggi ketika naik kapal laut.

4. Menghindari Kemacetan

Ketika menggunakan bis, anda pasti akan sering bertemu dengan kemacetan, berbeda halnya dengan kereta api. Kereta api memang akan sering berhenti pada beberapa stasiun untuk menurukan maupun menaikkan penumpang. Selain itu, jika ada kereta lain terutama eksekutif yang akan lewat, kereta ekonomi selalu menunggu terlebih daluhu. Hal-hal tersebut mungkin yang menjadi perjalanan sedikit terhambat, namun semua itu sudah diatur oleh PT kereta api sendiri, sehingga jam keberangkatan maupun kedatangan terkadang hanya selisish 5-15 menit dari yang tertera dalam tiket.

5. Menikmati Perjalanan

Selain merasa nyaman, menggunakan kereta api ands akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat cantik dari alam. Gunung-gunung dan sawah-sawah pasti akan setia menemani perjalanannmu. Berbeda dengan menggunakan bisa yang hanya akan bertemu dengan banyak kendaraan dan kemacetan dimana-mana.

6. Cara Mendapatkan Tiket Sangat Mudah

Kemudahan yang terakhir adalah, anda bisa mendapatkan tiket kereta api dimanapun dan kapanpun. Anda tidak perlu pergi ke stasiun atau loket resmi penjualan tiket kereta api dan antri berjam-jam. Cukup dengan menggunakan aplikasi KAI Access anda yang berada di Sulawesi atau Papua pun tetap bisa membeli tiket KAI online tiket tersebut melalui smartphone. Pembayaran biasanya dilakukan maksimal 3 jam setelah pemesanan melalui ATM. Setelah pembayaran selesai anda akan mendapat kode pembayaran yang nantinya akan digunakan untuk mencetak tiket ketika akan berangkat di stasiun.

Bagaimana sangat mudah bukan? Karena peminat jenis transportasi ini sangat banyak, tentunya anda harus memesan tiket jauh-jauh hari jika tidak mau kehabisan. Selamat berlibur, dan semoga informasi ini bermanfaat.

Daftar gratis di Olymp Trade: