Dalam bisnis online SEO atau search engine optimization dianggap sangat penting untuk mengangkat website atau toko online yang anda miliki. Search Engine Optimization ini jika dikelola dengan tepat akan mampu menempatkan situs yang anda miliki pada halaman pertama di mesin pencarian seperti Google maupun Yahoo. Search Engine Optimization merupakan istilah yang digunakan sejak 26 Juli 1997 dari sebuah pesan spam yang diposting oleh Usenet. Istilah inipun kemudian digunakan hingga saat ini.

Manfaat SEO Untuk Bisnis Online

Bagi anda yang memiliki bisnis online atau ingin produk maupun jasanya dikenal cepat melalui media online maka wajib untuk mengetahui perihal Search Engine Optimization. Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika memahami Search Engine Optimization. Beberapa manfaat yang dimaksud diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Referral Marketing

Apabila anda mengedepankan strategi word of mouth atau referral marketing dengan memanfaatkan media online maka dengan memperhatikan Search Engine Optimization produk bisa lebih dikenal. Search Engine Optimization membantu pelanggan merujuk ke website anda saat mereka mengetikan keyword di mesin pencarian. Bisa saja produk atau jasa anda menjadi viral dan dibagikan ke berbagai media social oleh klien anda sendiri. hal ini nantinya akan menarik lebih banyak netizen sekaligus menarik pelanggan baru potensial.

  • Mendapat Pangsa Pasar Yang Dituju

Tentunya produk atau jasa yang anda tawarkan membidik pangsa pasar tertentu. Search Engine Optimization  membantu anda membidik pangsa pasar yang ditargetkan. Keyword yang ditulis oleh netizen bisa saja kata kunci yang merupakan target market anda. Hal ini dikarenakan sebagian netizen mengetikkan keyword yang memang butuh informasi terkait keyword tersebut atau ingin membelinya namun tak mengetahui di toko mana yang seharusnya dituju.

  • Promosi 24 Jam Tanpa Putus dan Tak terbatas

Keunggulan mengelola SEO dengan baik ialah peringkat situs bisnis bertahan lama. Tak seperti Google adword yang iklannya akan habis ketika budget iklan yang anda investasikan habis. Search Engine Optimization lebih awet dalam beriklan dan bisa 24 jam tanpa terpengaruhi dimanapun calonpembeli berada.

  • Peningkatan Reputasi Produk atau Jasa

Kelebihan lainnya ialah mampu meningkatkan reputasi produk atau jasa yang ditawarkan. Orang-orang akan mudah mengingat merek produk atau jasa anda. Dengan meningkatkannya reputasi produk atau jasa yang anda tawarkan maka akan mampu meningkatkan penjualan drai produk maupun jasa itu sendiri.

  • User Friendly

Tak hanya mampu menempatkan website anda di halaman pertama google namun Search Engine Optimization juga memastikan bahwa website tersebut juga user friendly. Website yang ramah digunakan juga memudahkan pengunjung website anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan serta membeli barang yang ada tawarkan.

  • Mampu Dijadikan Alat Rekap Customer

Keunggulan dari SEO sendiri bisa dijadikan alat rekap data konsumen yang mengunjungi website anda. Anda bisa mengetahui gender dan usia dari pengunjung website. Tak hanya itu saja anda bisa pula mengetahui apa yang diharapkan konsumen untuk produk atau jasa yang anda tawarkan. Search Engine Optimization juga membantu mengetahui jumlah pengunjung, lama waktu membuka halaman website hingga halaman website mana yang sering dikunjungi.

  • Menghimpun Followers

Search Engine Optimization juga digunakan untuk menghimpun follower media social toko anda. Tidak hanya untuk media social saja namun juga menghimpun subscriber drai website yang anda kelola. Fungsinya memberikan informasi terbaru terkait produk atau jasa yang anda tawarkan.

  • Membuka Kesempatan Untuk Berdagang Di Luar Negeri

Search Engine Optimization mampu memberikan kesempatan yang sama bagi setiap perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Tak hanya mencakup perdagangan didalam negeri saja namun juga di luar negeri. Dengan mengandalkan SEO anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial ketimbang memakai iklan di TV dengan budget yang tidak murah.

  • Biayanya Murah Namun Efeknya Tidak Murahan

Untuk mengelola Search Engine Optimization sebenarnya tidaklah mahal. Jasa SEO kini banyak bermunculan di era teknologi seperti saat ini. Tidak hanya jasa Search Engine Optimization  yang dikelola perorangan maupun badan namun saat ini juga ada software SEO. Biayanya murah namn efek yang diciptakan dari SEO ini tidaklah murahan dna bertahan lama.

Sumber : http://enrichmarketing.co.uk/


Software SEO Terbaik

Ada beberapa software SEO terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalisasi Search Engine Optimization. Tren menggunakan SEO ini tak hanya berkembang di negara berkembang namun juga di negara maju seperti Amerika Serikat. Sekiranya untuk pengeluaran pemasaran SEO di Amerika Serikat saja kabarnya akan mencapai $80 miliar setiap tahunnya pada tahun 2020 mendatang. Hal ini berdasarkan laporan tren pemasaran digital oleh Borrell Associates. Berikut adalah beberapa software SEO yang bisa anda andalkan untuk meningkatkan trafik website anda :

Searchmetrics

Software ini tak hanya menunjukkan data traffic untuk website anda secara angka saja namun juga dilengkapi dengan grafik. Software ini bisa anda aplikasikan kedalam Android maupun iOs. Searchmetrics sendiri berbasis di Belin, Jerman yang didukung lebih dari 100 pasar internasional. Searchmetrics dilengkapi dengan dasbor yang berfungsi memantau kinerja SEO. Tak hanya itu saja Searchmetrics juga memiliki repository data hingga lebih 250 miliar poin data. Sayangnya Searchmetrics memiliki kelemahan dalam membangun pemasaran online model campaign. Walaupun begitu Searchmetrics mampu dijadikan andalan untuk mengelola SEO dan SEM untuk website anda. Searchmetrics juga tersedia di lebih dari 100 negara untuk rank tracking.

Conductor

Software selanjutnya untuk kebutuhan SEO anda ialah conductor. Conductor didukung di lebih dari 100 pasar internasional. Conductor juga mampu memvisualisasikan dan menyederhanakan alur kerja pemasaran SEO dan konten. Anda juga bisa menggunakannya sebagai alat perencanaan konten dan memanfaatkan teknologi analytics dan SEO internal yang dimilikinya. Conductor juga mampu menunjukkan potensi SEO untuk manajemen senior. Conductor merupakan software SEO super canggih yang menitik beratkan pada selera konsumen. Fokus conductor ialah menekankan anda pada area yang mendorong kinerja SEO website yang anda miliki.

Moz Pro

Keunggulan dari Moz Pro ini ialah mampu memberikan rekomendasi resource untuk meningkatkan performa website secara rutin. Moz Pro mampu membantu anda mengoptimalkan SEO pada konten dengan pilihan source yang direkomendasikannya setiap hari. Ada pula analytic system yang mana memberitahu anda mana konten yang memiliki kualitas terbaik. Tak heran jika software ini begitu diminati dan digunakan untuk mengelola SEO.  Fitur Moz Keyword Explorer merupakan layanan tambahan terbaru dalam software ini. fitur ini dapat memberikan anda rekomendasi keyword yang patutnya anda gunakan untuk konten yang diposting dalam website anda. Moz Pro merupakan software yang mampu membuat anda mengakses beragam layanan SEO dengan biaya yang murah. Untuk berlangganan dengan Moz Pro anda cukup mengeluarkan modal sebesar $99 per bulannya.

BrightEdge

Selanjutnya ada BrightEdge yang masih tergolong software baru ketimbang lainnya. BrightEdge membantu anda mendapatkan laporan otomatis yang anda butuhkan untuk setiap merek produk yang ditawarkan. Ada pula storybuilder yang membantu pihak pemasaran anda dalam menggunakan data yang tersedia untuk meningkatkan traffic website. Biaya BrightEdge didasarkan atas jumlah kata kunci yang anda gunakan. Keunggulan dari BrightEdge sendiri ialah dapat melacak peringkat di lebih dari 76.000 lokasi. BrightEdge sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin meningkatkan backlink maupun teknik SEO.

Botify

Software terakhir ialah Botify yang sangat user friendly. Software ini begitu popular karena kemudahan penggunaan layanannya baik untuk perbaikan teknik SEO maupun pelacakan metric media social.software ini juga merekomendasikan konten mana saja yang dianggap penting dan menjadi pusat perhatian netizen. Botify juga bisa anda gunakan untuk analisis file log, mengomunikasikan masalah teknik maupun non teknik.kemampuannya untuk membagi konten situs wed juga perlu diancungi jempol. Tak heran jika software ini juga popular dikalangan pebisnis yang memanfaatkan SEO untuk pemasaran produknya.

Langkah Sederhana Memaksimalkan SEO

Selain menggunakan software SEO anda juga perlu memaksimalkan SEO dengan memperhatikan konten dalam website yang anda kelola. Anda bisa memaksimalkan SEO dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Riset Dulu Keywordnya

Langkah awal yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan SEO website anda ialah melakukan riset keyword. Anda bisa melakukan riset keyword menggunakan software SEO diatas ataupun memakai Google Adwords : Keyword Tool yang bisa anda akses secara gratis. Gunakanlah domain berisi kata kunci tadi.

  • Perbaiki Kecepatan Loading Website dan Broken Link

Selanjutnya penting untuk anda memperbaiki kecepatan loading website yang dikelola. Untuk mempercepat kecepatannya anda bisa membuat cache untuk website anda. Tak hanya itu gunakan alt tag gambar untuk setiap kata kunci yang digunakan. Kurangi ukuran gambar atau compress gambar kedalam ukuran yang lebih kecil sehingga tidak memberatkan laman pages anda ketika dibuka. Pakailah plug in yang dibutuhkan dan hapus plug ins yang tidak dibutuhkan. Cermati apakah ada beberapa broken link dengan menggunakan tool yang tersedia di google. Anda bisa memanfaatkan  Google Webmaster Tools.

  • Manfaatkan Landing Page

Selain itu anda juga perlu memanfaatkan landing page yang sudah teroptimasi. Dengan mengoptimalkan landing page anda mampu meningkatkan hubungan dengan pengunjung website. Landing page sendiri ialah halaman dimana pengunjung datang ketika mengklik  sebuah iklan atau hasil pencarian. Anda bisa menggunakan long tail keyword dan menghindari keyword stuffing. Pastikan landing page tersebut juga memiliki desain yang kece. Gunakan desain bertema minimalis dan user friendly.

  • Posting Konten Berkualitas

Anda jangan sampai lupa memposting konten yang menarik pembaca untuk mampir ke halaman website anda. Konten merupakan poin paling penting jika ingin mempertahankan pelanggan lama dan baru anda. Tautkanlah link internal maupun eksternal kedalam artikel tersebut. Link eksternal berguna untuk mengarahkan link ke website lain. Link internal berfungsi untuk merujuk pengunjung website ke halaman lainnya yang ada di website anda. Dengan mengoptimalkan keduanya anda bisa mempertahankan pembaca lama-lama mengunjungi website yang anda kelola.

  • Media Sosial

Untuk meningkatkan traffic tak hanya melalui website produk saja namun juga melalui media social. Anda perlu menyematkan tombol share ke media social untuk semua konten yang anda posting. Dengan begitu konten yang anda posting bisa dishare ke lebih banyak orang. Tidak lupa untuk menampilkan media social toko online yang anda miliki agar orang bisa dengan mudah mendapatkan berita terbaru dari anda.

Kesalahan SEO Yang Sering Dialami

Selanjutnya anda patut mengetahui kesalahan fatal apa saja yang biasa terjadi sehingga website anda tak memiliki peningkatan terhadap rangkingnya. Beberapa kesalahan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

Url Kepanjangan

Kesalahan pertama dalam mengoptimalkan SEO ialah menggunakan url yang terlalu panjang. Dengan url yang pendek memudahkan anda juga dalam mendeteksi konten yang ingin anda revisi dikemudian hari.

Keyword Stuffing

Keyword stuffing merupakan istilah yang digunakan terhadap penanaman keyword secara berlebihan pada konten yang anda posting. Sebagai contohnya saja dalam konten berisi 500 kata terdiri 50 keyword yang sama maka inilah yang dimaksud dengan keyword stuffing. Penanaman keyword memang penting dalam isi konten namun ingat jika berlebihan maka akibatnya akan membuat konten tersebut sulit untuk dipahami.

Judul dan Isi Konten Tidak Sinkron

Inilah yang sering membuat SEO website anda tidak maksimal yakni penggunaan judul yang tidak sesuai dengan isi konten. Tidak hanya menipu pembaca namun juga membuat reputasi website anda juga menjadi buruk. Jika websitenya buruk maka pengunjungpun malas untuk berkunjung ke website yang anda kelola.

Desain Mobile Rumit

Saat ini untuk mengakses konten dalam website anda pengunjung biasa menggunakan smartphone. Saat ini tidak sulit untuk mengakses internet melalui smartphone sehingga penting untuk mendesain website anda menjadi mobile friendly. Artinya walau diakses melalui smartphonepun pengunjung bisa dengan mudah menuju konten yang diinginkannya.

Internal Link Terlalu Banyak

Sebenarnya menggunakan internal link mampu meningkatkan SEO website anda tapi selalu ingat tidak melakukannya secara berlebihan. Para pemula biasa menggunakan banyak link dalam sidebarnya bahkan bisa mencapai ratusan link dalam satu halaman saja.

Konten Plagiat

Kesalahan selanjutnya ialah memposting konten yang tidak orisinil. Memang mudah mengkopi karya orang lain namun ingat tidak hanya menurunkan SEO website saja namun juga bisa melanggar hak cipta. Jika anda tak memiliki kemampuan menghasilkan konten yang orisinal maka hire content creator untuk mengisi konten di website anda.

Posting Komentar Spam

Jangan sekali-sekali menerima pesan spam hanya demi mengoptimasi on page dan off page. Pertahankan komentar yang memang sesuai dengan konten anda. Hapus konten yang sifatnya mempromosikan website orang lain atau spam lainnya. Selain tidak nyambung dengan konten yang dibahas terkadang spam ini juga sangat mengganggu pembaca lainnya.

Tidak Konsisten Dalam Posting Konten

Konsistensi juga diperlukan untuk memaksimalkan SEO website yang anda miliki apalagi untuk posting konten. Postinglah konten secara rutin agar and atidak kehilangan pengunjung setia. Adanya konten baru akan menarik lebih banyak pengunjung baru dan konten anda jadi lebih up to date.
Tidak hanya poin diatas saja yang perlu diperhatikan ada beberapa poin teknis lainnya yang perlu anda titik beratkan. Mulai dari desain website, widget yang digunakan hingga isi dari website itu sendiri. gunakan anchor text yang tepat dan daftarkan blog anda ke direktori yang tepat. Sebenarnya kesalahan diatas bisa anda hindari jika anda lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam mengelola website. Selalu ada hasil untuk setiap usaha yang anda berikan jadi jangan menyerah begitu saja jika website anda belum mendapatkan rangking pertama dalam halaman mesin pencarian. Semoga pembahasan diatas bisa membantu anda dalam meningkatkan SEO website anda mulai saat ini.
 
 

Daftar gratis di Olymp Trade: