Dilihat dari kata saja kita pasti bisa langsung mengatakan “cina nih, cina ….”.Feng shui merupakan ilmu topografi kuno dari Cina yang mempercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi) serta bumi (geografi) dapat hidup berkesinambungan dalam harmonis untuk membantu memperbaiki kehidupan dengan menerima Qi positif. Qi yang dimaksud adalah yang terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat.

Tatanan Rumah Menurut Feng shui

Sama halnya dengan kita yang hidup di negara dengan berbagai suku dan kepercayaannya masing-masing, jika orang jawa percaya akan tanggal yang baik menurut versi jawa atau primbon sekalipun, naah mereka atau orang Cina pada umumnya juga seperti itu. Mereka mempercayai adanya pandangan yang mungkin memang benar adanya bagi mereka, atau mungkin karena memang dari nenek moyang mereka yang melakukan hal ini turun temurun sehingga pamalih jika tidak dilakukan.

Ilmu Feng shui ini diterapkan dalam berbagai hal, salah satunya diterapkan dalam mendesain rumah. Feng shui ini diterapkan bukan hanya sekedar kepercayaan semata, namun mereka yang benar-benar memahami akan menyadari bahwasannya ilmu Feng shui yang digunakan ini ternyata membuat rumah mereka menjadi lebih sehat, penghuni rumah akan merasa ada keterhubungan dengan rumahnya sehingga merasa lebih nyaman untuk tinggal. Perencanaa terhadap penataan rumah begitu penting adanya. Lalu, bagaimana penataan rumah yang dianjurkan menurut Feng shui? Simak informasi berikut!!

Sumber: https://duniahongsuifengsui.files.wordpress.com/

Area jalan masuk yang rapi

Rapi dalam hal apapun tentu sudah menjadi kewajiban, karena dnegan rapi maka akan sedpa dipandang. Begitu pun rumah, jika rumah rapi bukankah akan menyejukkan mata yang melihat. Rapi, merupakan salah satu tinjauan dalam Feng shui. Bagaimana tidak, rumah yang bersih dan rapi tentu akan membuat penghuni rumah tersebut nyaman. Menurut Feng shui, penataan area ini dilakukan dengan memperhatikan cahaya yang masuk dan hendaknya memastiakan area jalan masuk ini dibuat dengan penataan yang terlihat lega dan terkesan luas.

Anak tangga mengarah ke pintu depan

Menurut Feng shui, penataan anak tangga yang mengarah atau mengahadap langsung ke pintu depan cenderung dihindari. Mengapa? Karena melalui pintu depan akan menyerap banyak energi positif dari luar yang diharapkan bisa masuk ke dalam rumah. Jika tangga mengarah langsung ke pintu depan maka secara tidak langsung energi positif tadi akan mengalir ke ruangan atas rumah sehingga lantai dasar rumah akan kehilangan energi positif yang dibutuhkan dan akan mengganggu keseimbangan.

Kamar mandi berada di tengah ruangan

Bagian tengah ruangan dalam rumah diartikan sebagai jantung Feng shui atau disebut titik yin-yang. Bagian ini disarankan untuk dibiarkan terbuka, mendapat pencahayaan yang baik agar bisa menerima energi yang positif dari luar. Menurut Feng shui, hindari penataan kamar mandi yang berada di tengah ruangan, karena diyakini akan membawa energi yang buruk.

Kamar tidur berada di atas garasi

Bagi anda yang berencana membangun rumah bertingkat dengan menempatkan garasi sebagai salah satu bagiannya, maka menurut Feng shui hendaknya tidak membuat kamar berada di atas garasi. Hal ini dipercaya bahwa garasi adalah area dengan keadaan udara yang tidak stabil karena banyak pergerakan udara yang keluar masuk, energi yan tidak tetap di dalam ruangan ini dipercaya bisa berpengaruh buruk terhadap kamar tidur dan si penghuni kamar sendiri.

Cahaya alami yang masuk

Adanya banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah akan menambah terangnya suasanan rumah, rumah tampak lebih cerah dan padang. Cahaya yang terang sendiri diyakini dapat membuat anda merasa nyaman dan lebih positif. Cermin sangat dibutuhkan dalam hal ini, dengan adanya cemin maka akan menjadi sarana dalam menyebarkan cahaya yang masuk. Sehingga cahaya yang masuk akan terbias dan akan disebar ke ruangan yang lain. Feng shui memang salah satu kepercayaan yang jika anda cermati malah akan membuat rumah kita menjadi terlihat rapi nantinya. Tentu dengan penataan yang rapi pula. Jadi apakah anda akan membuat rumah sesuai dengan anjuran Feng shui, atau mungkin apakah anda akan membenahi tatanan rumah anda menajdi lebih baik dengan anjuran Feng shui ini?

Daftar gratis di Olymp Trade: